WhatsApp Mod iOS + Cara Instal + Themes Terbaru 2021

cozer.id – Meski saat ini ada banyak aplikasi perpesanan instan yang bermunculan, namun WhatsApp masih menjadi yang terlaris di pasaran. Bahkan, jumlah pengguna aktifnya terus bertambah setiap hari. WhatsApp Mod iOS + cara install + themes juga menjadi salah satu topik yang saat ini sering diperbincangkan.

Sifatnya yang multiplatform membuat WhatsApp bisa digunakan dimana saja baik di perangkat iOS maupun Android. Namun tahukah kamu, tampilan WhatsApp di kedua perangkat ini cukup berbeda lho? Tapi, ada trik sederhana yang bisa membuat WhatsApp iOS bisa tampil di perangkat Android.

WhatsApp iOS vs. WhatsApp Android

Sebelum membahas lebih jauh mengenai apa itu WhatsApp Mod iOS + cara install + themes, mari cari tahu lebih dulu tentang perbedaan dari WhatsApp iOS dan WhatsApp Android. Apakah keduanya benar-benar berbeda atau hal ini sekedar hoax?

‘Perang dingin’ antara iOS dan Android mungkin telah berlangsung sejak lama, tapi WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang tetap umum dan kompatibel di kedua platform ini.

WhatsApp seperti sebuah hal wajib yang harus ada di ponsel cerdas setiap orang, apa pun merk, tipe, dan sistem operasi dari ponsel tersebut.

WhatsApp sendiri termasuk cukup rutin dalam memberikan update yang menghadirkan lebih banyak fitur menarik yang bisa membuat popularitas dan jumlah penggunanya semakin bertambah di seluruh dunia.

Jika dilihat sekilas dan tanpa pernah mencobanya, WhatsApp di Android dan iOS mungkin terlihat sama saja. Padahal faktanya, aplikasi WhatsApp memiliki tren yang berbeda di antara perangkat iOS dan Android, baik dalam hal antarmuka, daftar kontak, hingga gaya notifikasi.

Pihak developer dari aplikasi favorit ini sedari awal memang bekerja secara berbeda pada kedua jenis perangkat tersebut, yang mungkin tidak semua orang menyadarinya kecuali orang tersebut memang memiliki dua smartphone (iOS dan Android) dan keduanya sama-sama terinstall aplikasi WhatsApp.

Sedangkan untuk kamu yang kebetulan hanya menggunakan salah satu dari dua jenis perangkat ini, berikut adalah daftar perbedaan antara WhatsApp di iOS dan WhatsApp di Android yang belum kamu tahu:

1. Home Page / Halaman Beranda

Home-Page-Halaman-Beranda

Saat pertama kali dibuka, WhatsApp pada iOS dan Android memang hampir identik tapi sebenarnya ada beberapa perbedaan User Interface / UI (antarmuka) pada keduanya.

Segera setelah kamu membuka WhatsApp di perangkat iOS, kamu akan melihat bilah navigasi alias daftar menu utama ada tersusun rapi dalam barisan mode horizontal di bagian bawah, yang mencakup menu Status, Panggilan, Kamera, Chat, dan Pengaturan.

Jadi, kamu bisa langsung memilih opsi apapun yang ingin kamu akses langsung dari halaman utama aplikasi. Penempatan menu-menu di tempat yang mudah dijangkau ini menawarkan akses lebih mudah sekaligus menghemat waktu dan tenaga.

Sedangkan untuk WhatsApp di Android, antarmuka aplikasinya sedikit lebih rumit karena semua opsi di atas tadi ditempatkan / ditata dalam bentuk yang kurang eksplisit. Jadi saat pertama kali membuka WhatsApp Android, halaman utamanya berisi menu Chat, Status, dan Daftar Panggilan.

Sedangkan untuk menu Pengaturan baru bisa diakses setelah pengguna mengetuk ikon tiga titik vertikal yang ada di sudut kanan atas layar. Setelahnya pun, masih ada beberapa sub menu lagi, yang salah satunya adalah Pengaturan.

2. Antarmuka Obrolan / Chat

Antarmuka-Obrolan-Chat

User Interface dari chat WhatsApp yang ada di Android dan iOS mungkin sekilas juga terlihat identik, tapi setelah beberapa saat diperhatikan, kamu akan melihat sedikit perbedaan seperti berikut:

  • Posisi Ikon Emoji

Salah satu perbedaan paling mencolok adalah penempatan ikon emoji di ruang obrolan. Pada WhatsApp versi Android, ikon emoji langsung ditempatkan tepat di sebelah kiri kotak teks, tapi pada WhatsApp iOS, sebelah kiri kotak teks adalah ikon +.

Jika ikon ini diklik, maka kamu akan melihat daftar opsi lain yang terdiri dari Camera, Photo & Video Library, Room, Document, Location, dan Kontak. Jadi, ikon plus tadi adalah tempat untuk kamu menyertakan lampiran dokumen, foto, video, atau lokasi ke dalam chat.

Sedangkan untuk koleksi emoticon sendiri, bisa kamu temukan dengan kamu klik kotak teks pada WhatsApp iOS, dan setelah muncul papan ketik, klik ikon bola dunia yang ada di sudut kiri bawah, lalu kamu akan melihat daftar emoticon lengkap.

  • Letak Stiker dan GIF

Pada WhatsApp iOS, beragam stiker imut dan GIF bisa langsung kamu akses dengan tab gambar kotak kecil yang ada di sebelah kanan kotak teksi (tepat di sebelah kiri ikon kamera).

Sedangkan untuk WhatsApp Android, stiker dan GIF bisa kamu temukan dengan klik ikon emoji tadi, jadi koleksi stiker dan GIF ada di tempat yang sama dengan koleksi emoji.

3. Mode Gelap / Dark Mode

Mode-Gelap-Dark-Mode

Salah satu fitur terbaru dari WhatsApp adalah mode gelap yang bisa diaplikasikan di perangkat iOS maupun Android. Namun ada perbedaan nih dari kedua mode ini.

Meskipun sama-sama gelap, tapi ternyata nuansa gelap pada WhatsApp Android tidak sepenuhnya gelap, melainkan abu-abu yang dominan gelap, jadi gelapnya bukan benar-benar hitam.

Seangkan mode gelap pada WhatsApp iOS dianggap lebih memuaskan karena tampilannya yang benar-benar pekat seperti yang dijanjikan.

Karena ketidakpuasan para pengguna WhatsApp Android inilah, banyak pengguna Android yang ingin menjajal WhatsApp iOS dengan mencari tahu tentang WhatsApp Mod iOS + cara install + themes.

4. Daftar Kontak

Daftar-Kontak

Daftar kontak WhatsApp pada perangkat iOS terbilang lebih rapi dan terorganisir jika dibanding WhatsApp Android. Daftar kontak WhatsApp juga jauh lebih mudah diakses karena hanya membutuhkan satu klik. Sedangkan pada WhatsApp Android butuh beberapa klik dan penempatan daftar kontak juga agak rumit.

Jadi saat membuka WhatsApp iOS, pada tampilan home page kamu bisa langsung mengakses semua kontak hanya dengan tab ikon diary-pen (pena buku harian) yang ada di sudut kanan atas layar, dan semua daftar kontak akan langsung muncul.

Namun pada WhatsApp Android, daftar kontak akan muncul dengan kamu tab lebih dulu ikon bulat yang ada di sudut kanan bawah layar, lalu klik ikon tiga titik vertikal yang ada di sudut kanan atas layar, kemudian tab opsi kontak. Sedikit lebih rumit dan memakan waktu, kan?

5. Gaya Notifikasi

Gaya-Notifikasi

Notifikasi WhatsApp di perangkat iOS dibuat dalam tampilan bubbles yang terpisah saat ditampilkan di layar kunci. Setelah kamu klik notif tersebut, kamu bisa langsung masuk ke dalam aplikasi WhatsApp dan menuliskan balasan.

Tapi, kamu juga memiliki opsi untuk memberikan balasan interaktif cepat langsung dari layar kunci dengan menekan lama gelembung notifikasi tadi. Sedangkan notifikasi WhatsApp pada Android, tampilannya sedikit lebih detail.

Jadi saat ada chat WhatsApp masuk, pengguna Android akan melihat banyak informasi tentang notifikasi tersebut. Opsi quick reply (balas cepat) juga tersedia di Android, yang memungkinkan pengguna untuk langsung mengetik balasan dari layar kunci tanpa harus benar-benar masuk / membuka aplikasi WhatsApp.

WhatsApp Mod iOS

WhatsApp-Mod-iOS

Berdasarkan seluruh daftar perbedaan di atas, sebagian besar pengguna aplikasi WhatsApp setuju bahwa WhatsApp versi iOS termasuk lebih baik, lebih rapi, dan lebih hemat waktu karena menu-menunya lebih mudah diakses. Mode gelapnya juga dirasa lebih memuaskan.

Namun sayangnya, tidak semua pengguna Android bisa langsung berganti ke perangkat iOS hanya untuk sekedar menikmati WhatsApp iOS, mengingat bahwa harga perangkat iOS yang tidak murah dan bahkan bagi kalangan tertentu dirasa sangat mahal.

Sebagai salah satu solusi terbaik, para pengguna Android akhirnya mencari informasi lebih lanjut mengenai WhatsApp Mod iOS + cara install + themes.

Jadi secara sederhana, WhatsApp Mod iOS adalah aplikasi WhatsApp resmi untuk perangkat iOS yang sudah dimodifikasi oleh pihak ketiga yang tidak dikenal, dengan tujuan agar aplikasi tersebut bisa diinstal juga ke perangkat selain iOS yaitu Android.

Dengan kata lain, para pengguna Android kini bisa merasakan WhatsApp versi iOS tanpa harus membeli atau memiliki perangkat iOS yang mahal.

Fitur-Fitur Pada WhatsApp Mod iOS

Fitur-Fitur-Pada-WhatsApp-Mod-iOS

Selain bisa menikmati sejumlah fitur di atas tadi, WhatsApp Mod iOS juga mendapat modifikasi lebih lanjut dengan diberi tambahan fitur-fitur keren lain yang bisa dinikmati secara gratis dan pada WhatsApp versi resmi bahkan tidak ada. Fitur-fitur tambahan ini termasuk:

  • Terdapat fitur untuk mendownload status / story WhatsApp dari teman-teman kamu dan langsung menyimpannya ke galeri Android.
  • Ribuan koleksi tema WhatsApp yang bisa diganti-ganti kapan saja sehingga para pengguna tidak akan bosan dengan tampilan WhatsApp yang itu-itu saja.
  • Fitur hide status saat kamu sedang online WhatsApp (saat kamu sedang online tapi bisa terlihat offline).
  • Fitur hide tombol mikrofon (saat kamu menekan ikon mikrofon untuk membuat voice note, status merekam suara tidak akan bisa dilihat oleh lawan chat kamu).
  • Gaya dan ukuran huruf bisa diganti-ganti tanpa perlu mendownload gaya huruf dari tempat lain karena koleksinya sudah ada di dalam WhatsApp Mod iOS.
  • Saat seseorang mengirimkan chat WhatsApp ke kamu tapi chat tersebut sudah dihapus lebih dulu sebelum kamu baca, ada fitur canggih yang bisa kamu gunakan untuk bisa tetap membaca chat tersebut.
  • Kamu bisa dengan leluasa melihat berbagai story / status WhatsApp dari teman-teman kamu tanpa mereka tahu bahwa kamu sudah melihatnya.
  • Fitur yang bisa membuat chat yang awalnya tidak bisa di forward menjadi bisa di forward.
  • Fitur hide typing yang bisa membuat kamu mengetik pesan dengan lebih leluasa karena lawan chat tidak akan melihat status typing dari nomor WhatsApp kamu.
  • Kamu bisa mengupload video menjadi story WhatsApp dengan durasi yang lebih panjang dari biasanya.
  • Kamu bisa tahu tentang berbagai aktivitas kontak WhatsApp kamu karena setiap kali mereka mengganti foto profil, membuat status, dan lainnya, kamu akan mendapat notifikasi.
  • Kamu tetap bisa melihat story WhatsApp dari kontak kamu meskipun story tersebut baru saja dihapus.
  • Kamu bisa mengirim foto / gambar lebih dari 30 buah dalam satu kali kirim, yang pada aplikasi WhatsApp resmi maksimalnya hanya 30 buah.
  • Pada menu pengaturan, akan ada tambahan sub menu baru yaitu hapus file cache, yang pada WhatsApp versi asli jelas tidak ada.
  • Pada WhatsApp asli, kamu bisa mengirim file gambar / foto dengan ukuran maksimal 16 MB, tapi dengan WhatsApp Mod iOS kamu bisa mengirim gambar / foto dengan ukuran hingga 18 MB.
  • WhatsApp Mod iOS dilengkapi dengan mode DND (Do Not Disturb).
  • Antarmuka halaman utama bisa diatur atau ubah sesuai dengan selera masing-masing pengguna.

Sumber Download WhatsApp Mod iOS

Sumber-Download-WhatsApp-Mod-iOS

Aplikasi WhatsApp Mod iOS didesain khusus untuk pengguna Android, jadi meskipun mengandung nama iOS namun aplikasi ini tidak bisa diinstal ke perangkat iOS. Aplikasi ini juga tidak tersedia di App Store dan Google Play Store, karena aplikasi ini bukanlah aplikasi legal / resmi.

Tapi jangan khawatir, ada banyak sumber online yang membahas tentang WhatsApp Mod iOS + cara install + themes. Sumber-sumber tersebut biasanya juga langsung menyediakan link download. Aplikasi ini juga tersedia secara gratis 100%, jadi kamu tidak perlu khawatir soal biaya.

Sebagai salah satu sumber download paling aman tanpa virus, malware, dan hal berbahaya lainnya, kamu bisa buka https://apps.pro.co.id/whatsapp-mod-ios/#download, lalu klik tombol dengan tulisan WhatsApp Mod iOS.

Panduan Download dan Install WhatsApp Mod iOS

Panduan-Download-dan-Install-WhatsApp-Mod-iOS

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, WhatsApp Mod iOS bukanlah aplikasi legal, bentuknya pun juga berupa Apk dan bukan aplikasi seperti umumnya. Jadi, aplikasi ini membutuhkan cara download dan instal yang sedikit berbeda dari aplikasi yang bisa kamu download Disini.

Tapi jangan khawatir, cara memasangnya termasuk tidak sulit kok, jadi untuk orang-orang yang sebelumnya belum pernah menggunakan aplikasi Mod atau versi Apk bisa tetap menggunakan WhatsApp Mod iOS dengan mudah.

Jadi sebelum kamu mengklik link download di atas tadi, pastikan dulu bahwa Android kamu sudah disetting seperti berikut agar WhatsApp Mod iOS bisa kamu download dengan lancar tanpa gagal:

  • Pertama, hapus dulu aplikasi WhatsApp resmi yang sudah kamu instal sebelumnya di Android kamu.
  • Selanjutnya masuklah ke bagian Pengaturan / Settings pada Android, scroll ke bawah dan temukan sub menu Privasi & Keamanan, lalu cari dan klik opsi Sumber Tidak Dikenal / Unknown Source.
  • Sekarang geser tombol di sebelah kanan tulisan Sumber Tidak Dikenal / Unknown Source sampai tombolnya berganti warna dari abu-abu menjadi hijau.
  • Jika sudah, sekarang buka browser yang ada di Android kamu, lalu copy link di atas tadi ke browser untuk menuju ke halaman download. Klik tombol download yang ada dan setelah proses download selesai, buka menu File Manager di Android dan buka folder Download atau folder
  • Carilah file yang mengandung nama WhatsApp Mod iOS atau WhatsApp Mod iOS + cara install + themes, klik file tersebut, kemudian pilih Instal.
  • Jika proses instalasi sudah selesai, buka aplikasi WhatsApp Mod iOS dan masuklah ke akun WhatsApp kamu seperti biasa dengan memasukkan nomor yang sudah terdaftar WhatsApp.

Jika kamu mengikuti langkah-langkah di atas secara berurutan, kemungkinan besar WhatsApp Mod iOS bisa sukses terinstal di Android kamu tanpa hambatan.

Tapi jika misalnya kamu mengalami gagal download atau gagal instal, biasanya penyebab utamanya adalah aplikasi WhatsApp resmi yang belum kamu hapus dari perangkat.

Jika kamu adalah pengguna Android yang penasaran ingin mencoba menggunakan WhatsApp versi perangkat iOS, atau ingin mengubah tampilan WhatsApp menjadi lebih keren dan tidak membosankan, maka solusi termudah adalah menginstal WhatsApp Mod iOS ke Android kamu seperti cara di atas.

 

Lihat Juga :