Obama dan Keluarga Tinggalkan Yogyakarta Menuju Jakarta
Foto AP / STR

Irine Maharani

30 June 2017


OBAMA DAN KELUARGA TINGGALKAN YOGYAKARTA MENUJU JAKARTA


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama meninggalkan DI Yogyakarta, Jumat (30/6/2017). Presiden Amerika Serikat ke-44 itu meninggalkan kota gudeg dengan mengendarai pesawat pribadi.

Rangkaian kendaraan Obama dan keluarga masuk ke Pangkalan Udara Adisutjipto sekitar pukul 11.00 WIB. Belasan mobil dari berbagai merk masuk ke dalam Pangkalan Udara Adisutjipto.

Rangkaian kendaraan Obama datang dari arah barat atau Ring Road. Tak seperti kedatangannya, pengamanan jalur menuju pangkalan udara tidak begitu ketat.

Terlihat aparat kepolisian dari satuan Brimob menjaga pintu masuk pangkalan dan petugas Satlantas Polres Sleman yang mengatur arus lalu lintas.

Selain personel Polri, aparat TNI AU juga terlihat berjaga di pintu dalam menuju pangkalan. Pantauan Kompas.com, ada hal yang berbeda dari Obama ketika memasuki Pangkalan Udara Adisutjipto.

Sekilas ia yang duduk di belakang sopir mobil Land Cruiser terlihat memejamkan mati sambil menyandarkan kepalanya ke kursi.

Obama beserta keluarganya mengunjungi sejumlah lokasi wisata di DIY dan Jawa Tengah sejak 28 Juni 2017. Lokasi wisata yang dikunjunginya antara lain Candi Borobudur, Candi Prambanan, Puncak Becici, dan Taman Sari. Di DIY Obama meningap di Hotel Tentrem, Jalan AM Sangaji, Kota Yogyakarta.

Dari DIY, Obama bertolak ke Jakarta untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Rencananya Obama diajak makan bersama di Istana Bogor.

Kunjungannya ke DIY itu merupakan rangkaian kegiatan liburan Obama dan keluarganya. Obama sempat berlibur ke Bali selama lima hari. Komandan Pangkalan Udara Adisutjipto, Marsma Novyan Samyoga, melalui pesan singkat mengatakan, pesawat pribadi Obama langsung lepas landas dari Pangkalan Udara Adisutjipto menuju Pangkalan Udara Halim Perdanakusumah tepat pukul 11.30 WIB.


Sumber : kompas.com


comments
no comment

LAINNYA