Mau Ngadain Bukber? Berikut Tips Suksesnya!
Foto : Shutterstock

Retno Wulandari

13 June 2017


MAU NGADAIN BUKBER? BERIKUT TIPS SUKSESNYA!


Selama bulan Ramadan, selain shalat Tarawih dan ibadah lainnya, ada satu hal yang sudah menjadi tradisi di Indonesia. Ya, apalagi kalau bukan bukber, alias buka bersama. Memang, bukber bisa menjadi ajang silaturahmi, bertemu teman-teman lama yang nggak akan bisa ketemu selain di bulan puasa, juga ajang amal, kalau kalian mau nyumbang untuk beli takjil.

Coba hitung deh, dalam satu bulan, mungkin kalian bisa beberapa kali dapat undangan bukber, entah bukber teman kampus, teman kantor, alumni SMP, alumni SMA, teman nongkrong, sahabat lama, dan lain sebagainya. Lumayan sibuk deh pokoknya.

Tapi kali ini, giliran kalian yang akan menggelar acara bukber. Mungkin awalnya kelihatannya sepele, tapi ternyata, merencanakan acara buka puasa bersama agak susah-susah gampang. Mulai dari menentukan tempat, menentukan hari yang ideal, di mana mayoritas calon peserta bukber bisa hadir, hingga menyebar undangan. Berikut ada beberapa tips yang mudah-mudahan bisa bermanfaat:

Membentuk panitia kecil-kecilan

Bukber aja pake ada panitia? Ya, walaupun kedengarannya hanya seperti acara kumpul-kumpul biasa, tapi dengan adanya panitia, semua pekerjaan bisa ada yang pegang. Sebetulnya tergantung seberapa besar acara bukbernya, tapi yang jelas, kalau kalian mau mengundang setidaknya 30 orang, pembentukan panitia jadi penting.

Beberapa peran yang ada dalam susunan panitia di antaranya: bagian publikasi (orang yang supel dan punya kontak sebagian besar orang yang akan diundang), bagian logistik (orang yang mengatur tempat bukber sesuai rencana, koordinasi dengan restoran, kafe, atau venue lainnya), bagian keuangan (yang menagih dan mengumpulkan uang dari peserta bukber), dan ketua panitia untuk mengorganisir semuanya.

Menentukan lokasi yang strategis

Aturan pertama, tempat yang semua temanmu tahu. Kasihan kan mereka kalo harus nyari-nyari lagi. Selain itu, pastikan tempatnya nyaman dan makanannya cukup enak. Saat ini sudah ada banyak website dan blog yang mereview restoran, kafe, hingga hotel, sehingga kamu tahu mana saja tempat yang direkomendasikan. Pastikan juga tempatnya terjangkau oleh banyak opsi kendaraan dan aksesnya mudah. Sebisa mungkin hindari jalur macet, karena menjelang buka puasa, macetnya jadi dua kali lebih parah. Lalu jangan lupakan fasilitas ibadah, supaya gampang kalau mau shalat maghrib. Terakhir, pastikan tempatnya masuk budget. Kalau mau mengadakan di rumah salah satu teman juga oke, karena bisa jauh lebih santai.

Kumpulkan kontak teman-teman

Jika ingin mengadakan bukber yang melibatkan banyak orang, tentu kalian perlu mendata nama-nama teman yang akan diundang dan mengumpulkan kontak mereka. Ada baiknya memasukkan kontak ke WhatsApp atau Line grup, supaya komunikasi lebih gampang. Jika memang ada teman yang tak mau dimasukkan grup, beri kabar secara pribadi saja ke nomor WA mereka.

Pastikan harinya pas

Kalian juga harus memperhatikan hari diadakannya bukber, supaya semua merasa nyaman untuk datang. Mungkin akhir minggu, seperti hari Jumat, bisa jadi pilihan yang pas karena besoknya libur. Lalu jangan terlalu awal atau terlalu akhir bulan puasa, karena makin dekat Lebaran, pasti sudah banyak yang pulang kampung. Kalau terlalu awal, mungkin banyak yang ingin bukber bersama keluarga masing-masing. Coba adakan voting, dan pilih hari di mana mayoritas peserta bisa hadir.

Buat susunan acara



Buka bersama tentu kurang lengkap kalau hanya makan dan ngobrol saja. Mungkin kalian bisa menambahkan beberapa agenda, seperti shalat maghrib berjamaah, mengundang ustad untuk memberi kultum, tukaran kado, foto bersama dengan mengundang fotografer, mengadakan photo-booth, dan lain sebagainya.

Bagaimana, masih bingung harus mulai dari mana? Semoga sukses mengadakan bukbernya ya!


Sumber : blog.lazada.co.id


comments
no comment

LAINNYA