Kedung Entong yang Cantik namun Angker. Berani Nggak Backpackeran ke Sini?
Foto : dok. Islah Agus

Retno Wulandari

28 April 2017


KEDUNG ENTONG YANG CANTIK NAMUN ANGKER. BERANI NGGAK BACKPACKERAN KE SINI?


Tentu kalian pernah merasa jenuh dan bosan dengan keseharian, hingga apapun yang dilakukan sepertinya sudah tak menarik lagi. Kalau sampai begitu, sepertinya kalian butuh liburan, melepas penat dan menenangkan pikiran. Kalau kalian suka backpackeran, kali ini ada destinasi alam yang menarik untuk dijelajahi nih, berupa air terjun indah yang ada di Blitar, Jawa Timur.

Air terjun yang berada di Desa Pulorejo, Blitar ini dikenal dengan nama Kedung Entong oleh warga sekitar, karena bentuknya mirip dengan centong nasi. Di tempat yang sepi dan damai ini, yang terdengar hanyalah, gemericik air terjun beradu dengan kolam dan bebatuan, kicau burung, serta suara-suara alam yang bakal memanjakan jiwa.

Di kolam dengan air terjun setinggi empat meter ini, warga juga sering memancing ikan untuk dimakan sebagai lauk sehari-hari. Jadi, jika kalian main ke sini, kemungkinan akan bertemu dengan penduduk lokal, yang bisa diajak mengobrol. Mereka cukup ramah koq dengan turis yang datang.

Beberapa tahun belakangan ini, air terjun Kedung Entong atau dikenal juga dengan mana Jurug Entong kian populer karena sering di-posting di Instagram dan blog-blog para travel blogger. Namun sayangnya, akses menuju air terjun indah ini masih sulit, karena jalanannya masih rusak dan kurang terawat. Tapi berita baiknya, tempat ini menjadi sepi dan asri karena jarang ada turis yang datang.

Setelah melewati jalanan yang rusak, kalian juga harus menyeberangi sungai yang digunakan warga untuk mengairi sawah. Air dari sungai inilah yang nantinya mengalir deras turun di Kedung Entong.

Sebelum menjadi cukup populer destinasi wisata, air terjun Kedung Entong dikenal angker dan para penduduk desa di zaman dulu melarang anak-anaknya main di sana. Menurut legenda, buaya putih dan makhluk halus sering muncul dan mengganggu warga yang datang. Tapi nampaknya jiwa petualangan para backpacker malah jadi tertantang untuk menjelajahi air terjun cantik ini.

Lalu bagaimana cara menuju Kedung Entong? Air terjun ini berada di Desa Pulorejo, Kecamatan Bakung, Blitar. Dari Kota Blitar, kalian bisa ambil arah menuju Kademangan, lalu mengatah ke Suruhwadang, lalu ke Maron, terus hingga mencapai Puloerjo. Setibanya di desa, tanya saja ke mana arah Kedung Entong ke warga sekitar. Selamat bertualang!


Sumber : Phinemo.com


comments
no comment

LAINNYA