SHARE :
5 Hal Yang Sering Disesali Mahasiswa Kalau Nggak Dilakukan Sejak Dini!

toni.ui

18 August 2018


5 HAL YANG SERING DISESALI MAHASISWA KALAU NGGAK DILAKUKAN SEJAK DINI!


Masa-masa kuliah memang seru. Teman baru, lingkungan baru, apalagi untuk teman-teman merantau yang tentunya sibuk mencari kosan dan teman senasib selama di kota orang. Ngerti sih, beratnya menyesuaikan diri, tapi sebaiknya kamu cepat-cepat fokus dengan hal ini!

Mengejar Beasiswa

Mumpung kamu masih punya banyak waktu sebagai mahasiswa semester awal (iya, kamu bakal lebih sibuk lagi kalau tunggu nanti-nanti, matkul bakal makin berat!), coba deh riset-riset mengenai beasiswa untuk meringankan beban biaya orang tua. Beasiswa seperti Beasiswa ASTRA, BBP-PPA, BCA Finance, dan Beasiswa Djarum Plus sudah mulai mencari kandidat di semester 2 dan 3.

Speak Up!

Kalau di sekolah dulu kamu dianggap cupu saat berusaha keras mengikuti pelajaran, berbeda ceritanya dengan di kampus. Di sini, yang pintar yang justru keren! Beranikan diri bertanya pada dosen jika ada hal yang tidak kamu pahami, karena para dosen adalah orang-orang hebat yang tentunya sudah banyak pengalaman di industrinya. Semakin banyak hal kamu tahu, semakin mudah kamu memahami jalanmu ke depan. Minimal, kamu nggak akan pusing-pusing amat memikirkan judul skripsi nantinya.

UKM

Rajin secara akademik bukan berarti harus menghindari aktivitas lain. Mulai cari-cari UKM yang sesuai minatmu, gunanya agar kamu punya banyak teman dan terbiasa hidup berorganisasi. Softskill yang bisa kamu dapat dari kegiatan UKM itu juga diperlukan ketika kamu mencari kerja ketika lulus.

Magang!

Kalau kamu kira kerja itu nanti setelah lulus, tunggu dulu. Usaha untuk mendapatkan karir gemilang dimulai sedini mungkin. Pekerjaan-pekerjaan seperti waiter, barista, admin media sosial, penulis, volunteer, tour guide hingga menjadi guru les bisa dilakukan oleh mahasiswa yang belum lulus sekalipun. Jangan khawatir dulu tentang magang yang nggak sesuai dengan jurusan, yang penting adalah kamu berpengalaman bekerja dalam tim untuk memberi nilai plus saat mencari kerja setelah lulus nanti.

Bergaul dan Cari Teman Baru

Bukan rahasia umum lagi bahwa kuliah itu berat rasanya, belum lagi memikul harapan orang tua yang sudah membayar uang kuliah dan beban para sponsor yang sudah memberi beasiswa. Dengan 4 poin di atas kamu mungkin mulai kelabakan mencari aktivitas supaya bisa dapat kerja mapan nantunya. Namun, poin terakhir ini tidak kalah penting. Carilah teman sebanyak-banyaknya. Sering-seringlah tertawa, curhat-curhatan malam-malam ngomongin senior yang kamu lirik itu. Pergilah nonton konser artis lokal yang lagunya sering kamu bawakan dengan gitar saat nongkrong dengan teman-teman. Karena perkuliahan hanya akan dialami sekali, jangan lupa dinikmati!

Berikut adalah 5 poin yang harus kamu buru-buru praktekkan sedini mungkin saat menjadi mahasiswa. Kalau kamu ada poin lainnya, monggo di share. Selamat menuntut ilmu, para mahasiswa Kampus Bela Negara!

 

SHARE : LINE

comments
no comment

LAINNYA