Apa itu Myears briggs Type Indicator / MBTI ?
images source : 16personalities.com

Irine Maharani

27 July 2018


APA ITU MYEARS BRIGGS TYPE INDICATOR / MBTI ?


Myears briggs Type Indicator, merupakan sebuah metode pengukuran berbentuk kuisioner yang digunakan untuk membaca kepribadian seseorang khususnya untuk memahami bagaimana seseorang menilai sesuatu dan membuat keputusan, metode ini dikembangkan oleh Khatarine Cook Briggs dnn Putrinya Isabel Briggs Myears berdasarkan teori kepribadian yang dikemukaan oleh Calr Gustav Jung dalam bukunya Psychological Type (1921)

Saya senang sekali dengan MBTI Karena dengan 16 kombinasi Kepribadian ini kita bisa Dengan benar-benar memahami individu –individu yang kita hadapi Sehari-hari, baik itu pasangan, anak, teman, maupun kariawan.

Berikut breakdown dari Kempat kolom tersebut

Introvert (I) & Extrovert (E)

Introvet adalah orang yang mendapatkan energi dari dalam, sedangkan Extrovert mendapatkan energi dari luar

Cara Mengidentifikasi Introvert Adalah pertanyaan Seperti

  • Jika kamu di pesta, kamu lebih suka di tengah menjadi pusat perhatian dan bertemu banyak orang (E), atau lebih suka di pinggir ruanggan dan mengamati orang-orangyang menghadiri pesta (I)
  • Ketika kamu seharian bekerja di kantor maka kamu lebih memilih ketemu dengan teman-teman dan hang out (E), atau lebih memilih pulang kerumah dan menyendiri sebari membicarakan buku atau game (I)

Sebelumya, Perlu dipahami bahwa antara Introvert dan pemalu adalah dua hal yang berbeda. Pemalu adalah kelainan pisikologis. Introvert Bukan pemalu. Orang yang Introvert sebenarnya kelebihanya adalah dia berpikir dulu baru ngomong.

Sedangkan Extrovert sebaliknya. Keuntungan Extroveret adalah dia berani mengutarakan pendapat, tetapi terkadang menimbulkan masalah, karena seolah berbicara tanpa dipikir terlebih dahulu. Sedangakan untuk introvert , orang-orang melihat orang dengan karakter introvert itu lambat, lelet atau kurang cepat dalam memproses terhadap sesuatu, namun sebenarnya dia memikir matang-matang apa yang hendak di sampaikan.

Orang Extrovert memang lebih frontal, dan terkadang menyakiti perasaan orang dengan kata-katanya namun sering kali sebenarnya dia tidak bermaksud seperti itu. Terkadang dia pun menyesali omonganya kenapat tidak lebih halus dari bahasa itu.

Orang Introvert terkesan Lambat, Namun dia sangat bagus dalam memikirkan secara matang terhadap sebuah pekerjaan. Berikan saja waktu yang cukup, agar orang Introvert menyelesaikan pekerjaanya dengan tuntas.

 

Intuition (N) & Sensing (S)

Seorang Sensing (S) cenderung mengambil keputusan berdasakan apa yang ia rasakan oleh kelima indranya. Dia selalu melihat kemasa kini.

Terkadang tipe S sesuai hanya berdasarkan apa yang sudah dia rasakan dan lalui sebelumnya. Keputusan berdasarkan fakta semakin kongkret informasinya, tipe S akan semakin senang

Sedangkan tipe N, pemikiranya cenderung out of the box dia selalu melihat ke masa depan

Dalam interview, saya sering menggunakan gambar satu keranjang buah.

Seorang S akan bilang : ada lima apel, ada pisang, warnanya masih hijau, juga ada buah melon

Seorang tipe N, akan bilang Buah-buahanya segar. Bisa dibuat jus. Bahkan penah ada yang menyjawab, itu adalah rumah sakit, karena sekenjang buah biasannya dibawa jika ada yang sakit di rumah sakit. out of the box!

Tipe N cenderung berani mengambil keputusan di luar kebiasaan. Ia seorang risk takter, suka berekperimen. karakteristik ini sangat cocok untuk seorang leader, biasanya direktur utama biasanya direktur marketing harus memiliki personality seperti ini. Kebanyakan direktur di sebuah perushaan memiliki karakter N, karena dia harus sering berinivasi dan menemukan jalan keluar dari hal-hal yang terkadang terlihat sulit dan impossibel untuk di slesaikan. Tipe N harus diberi tantangan, karena jika dia bosan, bukan tidak mungkin dia mencari tantangan di tempat lain, alias resign dengan mudah.

Tipe S sangat cocok untuk posisi direktur oprasional, direktur keuangan dan sejenisnya, karena tipe nya konsisten dalam melakukan sesuatu By the book, By the past expwriences and also knowlegends. Kariawan tipe S biasanya cenderung lebih loyal di sebuah perushaan.

 

Thinking (T) & Feeling (F)

Seorang Thinking (T) cenderung mengambil keputusan berdasarkan logika  (kepala). Sedangkan Feeling (F), Mempertimbangakan sesuatu berdasakan aspek emosional (hati) Semisal perasaan orang lain, ataupun faktor lingkungan.

Biasanya dalam proses interview untuk mengidentifikasi tipe thinking dan feeling, saya menggunakan pertanyaan sebagai berikut :

Jika ada teman ingin berhutang, namun anda sedang tidak punya uang, maka yang anda lakukan adalah mencoba membantu dengan mencari hutang ke orang lain atau ke orang tua (F): atau mengatakan ke teman tersebut bahwa saya sedang tidak punya uang yang bisa di pinjam (T)?

Seorang T keuntungan keputusan logis .

Seorang F, lebih banyak disukai orang, karena suka menghargai orang, namun lebih lelet dalam mengambil keputusan, wishy-washy.

Dalam hal kerja tipe F cocok untuk customer service, marketing

Tipe T, cocok untuk accounting, engineer

 

Judging (J) & Perceiving (P)

Judging, adalah cenderung menylesaikan pekerjaan di awal. Perceiving  cenderung menyelesaikan pekerjaan diakhir-akhir.

Tipe P cocok untuk pekerjaan desainer, arsitek, orang-orang yang merancang sesuatu karena sering memperhatikan banyak aspek demi pekerjaan. Kelihatanya nggak bagus tetapi sebenarnya bagus untuk jangka waktu panjang perusaan. Pekerjaanya sangat tak apa-apa, karena suka diskusi suka melihat permasalahan dari banyak sudut pandang silakan mengakses https://www.16personalities.com/id/  Untuk kombinasi-kombinasi karakter.

 

Example Results


Sumber : Book : In The Mind of Natali Ardianto (Cofounder Tiket.com)


comments
no comment

LAINNYA