Berikut 5 Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Mudah

Orang Indonesia pada umumnya merasakan keluhan penyakit masuk angin. Dimana penyakit ini bisa menimbulkan beberapa gejala seperti perut kembung, mual, begah, sering buang angin, sendawa, pilek, demam, menggigil kedinginan, hingga muntah. Masuk angin sendiri tidak dikenal dalam dunia medis. Dimana masuk angin merupakan kumpulan gejala dari suatu penyakit. Penyebab dari masuk angin sendiri tergantung dari gejala yang dirasakan. Walaupun merupakan kumpulan dari gejala penyakit, masuk angin dikenal tidak berbahaya. Dimana untuk mengobati masuk angin juga sangat mudah dan biasanya tidak perlu untuk ke dokter. Misalnya saja beberapa cara mengatasi masuk angin yang mudah dan efektif untuk dilakukan adalah:
 
Istirahat yang cukup
Salah satu penyebab dari mengalami masuk angin biasanya adalah karena kurang tidur. Hal tersebut akan membuat tubuh menjadi lebih mudah lelah dan juga dapat mengalami gejala masuk angin. Oleh karena itulah untuk yang menderita masuk angin bisa untuk istirahat yang cukup. Cara ini sangat mudah dilakukan untuk membuat kesehatan cepat pulih. Pastikan untuk istirahat cukup selama 8 jam dan juga tidur di malam hari. Hindari begadang di malam hari agar bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Dengan istirahat yang cukup juga akan dapat mencharger energi dan menghilangkan gejala masuk angin yang dirasakan.
 
Minum air putih yang banyak
Cara mudah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menghilangkan gejala masuk angin adalah dengan minum air putih yang cukup. Air cukup merupakan obat yang efektif dan ampuh untuk membuat kondisi tubuh lebih baik. Anda bisa untuk menjaga cairan tubuh tetap cukup, sehingga penting untuk selalu minum air putih yang cukup. Selama mengalami masuk angin juga bisa menghindari berbagai minuman tertentu. Anda bisa menghindari soda, kopi, teh, dan juga cokelat. Selain air putih Anda juga bisa mengkonsumsi minuman hangat atau jus buah yang lebih sehat.
 
Mengkonsumsi makanan bergizi
Cara lainnya untuk mengatasi masuk angin juga dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Pada umumnya ketika sakit tentu saja harus jaga makanan yang dikonsumsi. Anda bisa untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi agar kebutuhan asupan dapat tercukupi. Makanan yang sehat dapat untuk membantu melawan bakteri. Sehingga pastikan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti buah dan sayur-sayuran. Hindari makanan yang tidak sehat seperti gorengan dan makanan berminyak lainnya. Sebaliknya, pilih makanan yang mempunyai gizi tinggi seperti dengan makanan tinggi seng seperti makanan laut, produk susu, dan kacang-kacangan.
 
Minum seduhan rempah
Cara selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengatasi masuk angin adalah dengan minum seduhan rempah. Ada banyak minuman hangat yang baik untuk membuat perut merasa lebih baik. Sehingga hal tersebut akan dapat untuk membuat rasa lega dan juga menghilangkan kembung yang dirasakan. Selain itu Anda juga bisa mengkonsumsi obat herbal Herbana dengan kandungan jahe merah yang akan mengobati masuk angin.

Kerokan
Cara mengatasi masuk angin yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah dengan kerokan. Cara ini merupakan pengobatan tradisional yang dapat untuk mengeluarkan angin, sehingga membuat perut akan lebih lega. Anda bisa untuk membalur punggung menggunakan balsam, minyak angin, hingga minyak kelapa. Selanjutnya adalah di gosok menggunakan koin ataupun alat kerok khusus. Kerokan sendiri merupakan metode yang aman untuk dapat meringankan gejala masuk angin yang dirasakan oleh seseorang.