SHARE :
TAGS :
6 Tips Tampil Memikat Saat Wisuda dengan Makeup dan Kebaya yang Tepat
Foto : Shutterstock

Yudi Kobo

01 June 2017


6 TIPS TAMPIL MEMIKAT SAAT WISUDA DENGAN MAKEUP DAN KEBAYA YANG TEPAT


Setelah beberapa tahun menjalani masa perkuliahan —serta beberapa bulan yang melelahkan saat menyusun tugas akhir— akhirnya kalian berhasil menyelesaikan pendidikan! Betapa menyenangkannya mengetahui bahwa, setelah tahun-tahun penuh pengorbanan —dan juga keseruan serta kegembiraan— di bangku kuliah, akhirnya kalian akan mendapatkan gelar dan bersiap memasuki dunia kerja. Namun sebelum itu, tentu ada satu yang harus kalian pikirkan. Apa lagi kalau bukan wisuda!

Wisuda adalah pestanya pada mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan. Karena itu, sebaiknya kalian melakukan persiapan sebelum hari H, termasuk mempersiapkan penampilan saat wisuda nanti. Untuk yang pria, mungkin tak perlu repot. Setelan jas resmi, kemeja dan dasi akan membuat wisudawan terlihat gagah. Namun bagaimana dengan wisudawati? Mulai dari memilih kebaya hingga menentukan salon bisa menjadi persiapan yang menyita waktu.

Jangan khawatir, beberapa saran ini mungkin akan membantu kalian menentukan model kebaya yang bisa dipakai saat wisuda nanti.

Pilih bahan yang nyaman

Mengingat upacara wisuda bisa memakan waktu lama, belum lagi berada di satu ruangan besar bersama banyak orang, bahan kebaya brukat dengan banyak payet —apalagi jika dikenakan di bawah toga yang tebal— tentu akan membuat kalian kurang nyaman. Nggak mau kan berkeringat berlebihan di hari wisuda? Karena itulah, untuk bahan kebaya, sebaiknya pilihlah bahan yang nyaman seperti katun atau linen, mungkin dengan pola-pola bordiran di bagian lengan dan belahan depan. Kalian bisa saja memilih bahan yang lebih “mewah” seperti tulle dengan bordiran, tapi pastikan bahannya cukup lembut, dan pilih bahan katun sebagai kamisol atau puringnya.

Model yang sederhana adalah yang terbaik

Untuk acara wisuda, kalian tak perlu memilih kebaya yang dihiasi bordir atau payet berlebihan, atau yang memiliki lengan menggelembung dan bagian ekor yang menyapu lantai. Wisuda bukan kondangan, jadi pastikan pilihan kebaya kalian sesuai dengan acaranya.

Kebaya kutubaru atau model kebaya Kartini sangat cocok untuk momen wisuda. Selain itu, model kebaya encim dengan bordiran cantik di ujungnya atau kebaya Sunda juga bisa jadi pilihan. Kalian bisa menambah aksesori seperti bros kerongsang di bagian dada. Untuk warna, batasi pilihan menjadi satu hingga dua warna dalam satu kebaya.

Pilih bawahan yang praktis dan nyaman

Model bawahan kain panjang, atau mungkin kain sebetis, sangat cocok untuk momen wisuda. Kalian bebas memilih kain yang disukai, dan beberapa pilihan populer meliputi batik —yang berasal dari Jawa— dan songket —yang banyak ditemukan di Sumatera. Selain itu, kalian juga boleh koq memilih kain tradisional khas daerah lainnya, seperti tapis dari Lampung, Sasirangan dari Kalimantan Selatan, tenun ikat, dan masih banyak lagi pilihan kain tradisional yang cantik dalam banyak warna. Pastikan juga warna dan coraknya cocok dengan pilihan kebayanya.

Mengenai modelnya, disarankan untuk mengubah kain tersebut menjadi bentuk rok siap pakai dengan retsleting, untuk kepraktisan. Kalian tentu tak mau repot dengan tali rafia yang diikat di pinggang, serta banyak peniti untuk menahan kain? Untuk modelnya, bisa meniru gaya kain tradisional dengan wiru-wiru di depan, atau model klok (A-line) atau rok sepan yang bergaya modern.

Pilih gaya sanggul dan jilbab sederhana

Walaupun pada akhirnya —setelah beberapa kali berfoto— kalian akan melepas toga, sebaiknya jangan memilih sanggul atau model jilbab rumit yang biasa terlihat pada pesta pernikahan. Untuk sanggul, pilihlah cepol sederhana tepat di atas tengkuk, supaya tak mengganggu saat memakai topi wisuda. Untuk jilbab, hindari memakai kain berlapis-lapis di kepala, apalagi yang membentuk bunga besar dan sejenisnya.

Alas kaki pun harus nyaman

Upacara wisuda dari pagi hingga siang hari biasanya diikuti dengan perayaan di kalangan sesama wisudawan —entah arak-arakan keliling kampus, atau syukuran di jurusan— yang juga memakan waktu lama. Kenyamanan alas kaki sangat penting di sini. Untuk itu, hindari killer heels seperti stiletto, atau apapun yang tingginya melebihi tujuh sentimeter. Kalian bisa memilih selop model pump dengan hak wedges atau tapak tahu. Selop model platform juga bisa jadi pilihan, karena diharapkan bisa mengurangi rasa pegal.

Makeup natural akan menonjolkan kecantikan

Acara wisuda bukan pesta pernikahan, karena itu tak perlu dandanan yang terlalu heboh. Pusatkan fokus pada kemulusan wajah; pilih foundation ringan setingkat di atas warna kulit, dan bedak tabur untuk sentuhan akhir. Boleh saja memakai riasan mata yang agak menonjol, tapi pastikan warna lipstick tetap natural dengan pilihan warna nude pink, nude peach, atau mauve. Jika ingin menggunakan lipstik seperti plum atau fuchsia, pilih riasan mata ringan. Sebagai sentuhan akhir sapukan blush warna lembut —seperti pink pucat atau nude peach— agar penampilan lebih segar.

Itulah beberapa tips penampilan untuk wisudawan. Semoga bermanfaat ya!

TAGS :
SHARE : LINE

comments
no comment

LAINNYA