SHARE :
6 Keuntungan Menjadi Relawan untuk Mendapatkan Karier Impian
Foto : Shutterstock

Retno Wulandari

26 April 2017


6 KEUNTUNGAN MENJADI RELAWAN UNTUK MENDAPATKAN KARIER IMPIAN


Di masa sekarang ini, persaingan kerja sudah semakin ketat. Kalian mungkin berpikir, prestasi dan kemampuan pribadi adalah kunci sukses memenangkan persaingan tersebut. Asal kalian berotak encer dan mampu menunjukkan kinerja terbaik, maka perusahaan akan selalu memilih kalian. Memang, sebagian benar. Namun sekarang ini, perusahaan juga melihat kalian sebagai makhluk sosial, selain sebagai individu yang berprestasi.

Membantu orang lain, yang menjadi cerminan bahwa kalian peduli dengan sesama, memang tidak semerta-merta membuat kalian lulus dengan predikat cum-laude, diterima di perusahaan impian, atau ditawari jabatan dengan gaji menggiurkan. Namun bisa dikatakan, kalian akan mendapat keuntungan jangka panjang, selain rasa puas karena merasa berguna untuk kehidupan orang lain.

Sebuah studi yang dilakukan Universitas Wisconsin-Madison mengungkap, karyawan yang berpikir bahwa membantu rekan kerja adalah sesuatu yang penting cenderung menyatakan bahwa hidup mereka terasa lebih bahagia secara umum. Dorongan untuk membantu sesama memberi karyawan motivasi yang besar untuk berkontribusi pada lingkungan dan perusahaan.

Bagaimana menjadi relawan bisa melejitkan karier

Membantu sesama memang bisa dilakukan dalam skala kecil, seperti membantu teman kerja atau orang tua. Namun kalian bisa melakukannya dalam skala yang lebih besar dengan menjadi relawan kemanusiaan. Selain membantu mengubah dunia menjadi tempat lebih baik dan mendapat kepuasan batin, kalian juga akan mendapatkan keuntungan di sisi karier, apapun bidang yang kalian tekuni.

1) Memperkaya pengalaman

Aktivitas sebagai relawan kini dianggap sebagai sesuatu yang bergengsi dalam resume, terutama untuk fresh graduate yang masih belum punya pengalaman kerja. Kandidat karyawan yang melamar dengan pengalaman sebagai relawan juga membuat perusahaan memandangnya dengan satu kelebihan dibandingkan kandidat lain.

2) Peluang untuk mengembangkan jaringan

Aktif sebagai relawan akan membuka lingkup pergaulan yang semakin luas, dan kalian akan bisa menemui mereka yang memiliki pemikiran dan nilai-nilai yang sama. Keterikatan semacam itu makin sulit didapatkan, dan kalian akan bisa membangun network melalui aktivitas kemanusiaan tersebut. Jaringan atau network yang tepat adalah kunci dari kesuksesan karier.

3) Memperkaya kemampuan diri

Menjadi relawan berarti melakukan hal-hal yang mungkin belum pernah dilakukan sebelumnya, dan itu membuat kalian bisa mempelajari beberapa kecakapan baru. Tak hanya menguntungkan untuk fresh graduate, keahlian yang diperoleh dengan menjadi relawan juga akan bermanfaat bagi kalian yang sudah beberapa lama bekerja. Beberapa keahlian yang akan kalian pelajari ketika menjadi relawan di antaranya kemampuan problem solving, komunikasi, meningkatkan kehidupan orang lain, serta membangun hubungan yang tulus dengan sesama.

4) Mengeksplorasi jenjang karier

Jika kalian sempat berpikir tentang perubahan karier ataupun bidang yang ditekuni, baik di tempat kerja maupun di universitas, menjadi sukarelawan adalah cara terbaik untuk menjelajahi bidang lain yang mungkin kalian minati.

Tidak hanya memberi kalian pengalaman berharga yang dapat membuat kalian lebih kompetitif di bidang pekerjaan baru, menjadi relawan juga memberi kalian wawasan yang baik tentang bidang yang baru tersebut. Di antara manfaat dari relawan adalah, kita bisa mencoba sejumlah besar hal baru tanpa harus mencemarkan stabilitas keuangan atau kinerja akademis.

5) Melejitkan kepercayaan diri

Menjadi relawan dapat meningkatkan rasa percaya diri, harga diri dan kepuasan hidup kita. Salah satu manfaat dari relawan adalah bahwa ini memberi kita pandangan yang sangat dekat tentang bagaimana tindakan kita memengaruhi orang-orang di sekitar kita. Selain itu, menjadi bagian dari program relawan bisa membuat kalian merasa bangga dan memberi identitas yang baru. Ketiga faktor ini membuat kita memiliki pandangan positif terhadap kehidupan dan apa yang penting dalam hidup.

6) Memberi tujuan baru

Jika kalian berjuang untuk menemukan tujuan hidup, menjadi relawan bisa mengisi kekosongan pada kehidupan kalian. Membantu orang lain dapat membantu kalian mengatasi perjuangan pribadi dan memberi makna baru bagi hidup. Dengan menjadi relawan, kita jadi bisa mendapat pandangan luas dan fokus kepada orang lain, bukan kepada masalah kita sendiri, untuk mendapatkan solusi baru untuk mereka. Selain itu, dengan menjadi relawan, kita jadi tahu bahwa kita menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya.

Begitulah, dengan membantu sesama dan menjadi relawan, kita akan bisa mendapat pengalaman yang memperkaya hidup, dan memberi energi baru untuk mengejar karier impian.


Sumber : Richmondvale.org

SHARE : LINE

comments
no comment

LAINNYA