Kuliah Umum Luhut Binsar Pandjaitan: “Kalian penentu Indonesia.”

Lucia Yuriko

13 February 2018


KULIAH UMUM LUHUT BINSAR PANDJAITAN: “KALIAN PENENTU INDONESIA.”


Menteri Koordinator  Bidang Kemaritiman, Luhut BInsar Pandjaitan hadir memberikan kuliah umum di UPN “Veteran” Yogyakarta, Jumat (09/02/2018). Bertemakan “Pengembangan Industri dan Jasa Maritim Indonesia untuk Mewujudkan Visi Poros Maritim Dunia”, purnawirawan Jenderal TNI ini mengajak mahasiswa untuk berperan aktif dalam memajukan Indonesia.

Kehadiran Luhut disambut langsung oleh Rektor UPNVY beserta jajarannya. “Ini merupakan momentum penting bagi kita dalam memahami pemerintah dalam mengembangkan industri untuk mencapai visi poros maritim dunia,” ujar Prof Sari Bahagiarti saat memberikan sambutan.

Dalam kuliah umumnya, Luhut menjelaskan berbagai kemajuan pembangunan Indonesia yang patut diapresiasi. Diantaranya pembangunan transportasi laut, penurunan angka kemiskinan, kecenderungan investasi asing, perkembangan pariwisata, hingga kemajuan teknologi. “Kalian lah yang menentukan Indonesia. Saya sudah berumur 70 tahun jadi kalian harus paham Indonesia mau dibawa ke mana. Saat ini kita sedang dalam posisi sangat baik dalam sejarah Indonesia, berdasarkan data-data yang ada,” ujarnya yang disambut antusias mahasiswa.

Luhut berpesan agar mahasiswa harus pintar melihat keadaan dan jangan mudah terpengaruh isu yang beredar. “Penguasaan iptek kunci sukses dalam persaingan global. Tapi yang penting lagi adalah hati yang baik,” ujarnya. Kuliah umum tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan. UPNVY diwakili rektor, menyerahkan 4 buku karya Pusat Studi Pertahanan dan Keamanan UPNVY yang bekerjasama dengan Kantor Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman RI.


comments
no comment

LAINNYA