Tips Buat Wanita :  Bertahan di Kantor yang Didominasi Pria
Foto: Flickr

Yudi Kobo

18 January 2018


TIPS BUAT WANITA : BERTAHAN DI KANTOR YANG DIDOMINASI PRIA


Bekerja di kantor yang didominasi pria merupakan tantangan tersendiri bagi wanita karier. Bukan rahasia lagi kalau wanita sering diberi upah lebih rendah daripada rekan kerja pria, tidak memegang posisi yang kuat, dan sering dipKamung sebelah mata. Banyak wanita yang harus berjuang lebih keras untuk mendapatkan pengakuan di tempat kerja –apalagi di kantor atau industri yang didominasi pria-.

Selain soal karier, wanita yang bekerja di bidang yang didominasi pria juga sering menemukan masalah dalam hal pergaulan. Kebanyakan rekan kerja pria memiliki sensitivitas yang berbeda, dan bahkan selera humor yang lain. Tapi, sebagai satu-satunya wanita di ruangan kerja, kamu harus tetap bisa bertahan. Berikut cara bertahan di kantor yang didominasi pria seperti disarikan dari Classy Career Girl.

Berusaha jadi pemimpin
Kamu harus berusaha menunjukkan kemampuan menjadi pemimpin dalam setiap kesempatan. Misalnya, saat ada proyek, ajukan diri untuk menjadi pimpinan tim. Lama-lama manajer akan melihat potensi Kamu. Dia mungkin akan mengajukan nama Kamu sebagai orang yang pantas dapat promosi.

Makan siang bersama rekan kerja
Kamu harus berusaha berbaur dengan rekan kerja pria. Salah satu caranya dengan makan siang bersama. Meskipun awalnya Kamu merasa tidak bisa mengikuti obrolan mereka, tapi cobalah untuk ikuti perlahan. Nantinya, Kamu juga akan akrab dengan rekan kerja. Siapa tahu salah satu teman pria Kamu memiliki hobi yang sama. Jika sering keluar makan siang dengan teman kantor, maka mereka akan mengenal pribadi Kamu. Mereka juga akan lebih mempercayai Kamu di tempat kerja. Akhirnya, keberadaan Kamu di kantor akan diperhitungkan.

Selalu memberi salam
Ini adalah etika paling dasar yang harus dibiasakan di kantor. Saat tiba di tempat kerja, Kamu bisa mengucap salam dan mungkin menyapa beberapa orang. Jika pulang lebih dulu, Kamu juga harus memberi salam dan pamit kepada rekan kerja yang masih tinggal di mejanya. Kebiasaan sederhana ini menunjukkan Kamu adalah orang yang peduli. Rekan kerja juga akan menganggap keberadaan Kamu. Jadi, jangan datang dan pergi dengan tiba-tiba tanpa suara.

Memastikan semua orang merasa nyaman
Cara terbaik untuk membuat keberadaan Kamu –sebagai satu dari sedikit wanita di kantor- dianggap oleh rekan kerja adalah memastikan semua orang merasa nyaman. Bukan hanya kepada pegawai lama, tetapi juga untuk karyawan baru. Seiring bertambahnya jumlah karyawan baru, maka Kamu akan menjadi pegawai senior. Kamu harus bisa bisa menyambut anak-anak baru dengan ramah sehingga mereka betah.

Jangan takut untuk meminta kenaikan gaji atau promosi
Bila Kamu merasa siap untuk kenaikan gaji atau promosi, maka bersiaplah menghadapi atasan yang Kamu yang mungkin juga merupakan manajer pria. Mungkin kenyataan ini akan membuat Kamu terintimidasi. Tapi jika Kamu sudah cukup lama bekerja di perusahaan dan memberi kontribusi besar, jangan malu. Yakinlah bahwa Kamu berhak mendapat kenaikan gaji. Bos tidak akan dapat mendebat dan mengelak dari permintaan jika Kamu menunjukkan fakta dan buti bahwa Kamu pantas menerima kenaikan gaji atau promosi. Semakin banyak data yang Kamu tunjukan, maka semakin baik kesempatan Kamu untuk memenangkan negosiasi. 


comments
no comment

LAINNYA