SHARE :
Tips Agar Internship Application Kamu Dilirik Perusahaan

Yudi Kobo

03 January 2018


TIPS AGAR INTERNSHIP APPLICATION KAMU DILIRIK PERUSAHAAN


Kamu seorang mahasiswa atau lulusan baru yang sedang mencari internship tetapi bingung kenapa application-nya selalu ditolak? Tidak memiliki kemampuan atau pengalaman sesuai dengan kriteria juga dapat mempengaruhi keberhasilan lamaranmu. Namun, hal tersebut bukanlah penyebab utama kegagalanmu.

Performa kamu saat wawancara juga menjadi salah satu faktor penting dalam proses lamaran. Dari proses wawancara pihak perusahaan akan lebih menilai potensi kamu sebagai calon intern. Apakah kamu yakin lamaranmu lebih unggul dari pada pelamar lainnya? Atau kamu justru merasa kurang memiliki daya tarik lebih? Jika ya, simak tips dibawah ini untuk mengatasi kebingungan-kebingungan seperti ini.

Bagaimana jika saya tidak memiliki pengalaman organisasi?

Memiliki pengalaman berorganisasi memang menjadi salah satu pertimbangan bagi perusahaan dalam menyeleksi kandidatnya. Namun bagaimana jika kamu sama sekali tidak memiliki pengalaman berorganisasi?

Kamu dapat menyiasatinya dengan cara mendeskripsikan kemampuan yang kamu punya berdasarkan pengalamanmu. Misalnya kamu berpengalaman dalam negosiasi saat menjalankan suatu project. Tidak perlu terlalu deskriptif, kamu hanya perlu menjelaskan bagaimana cara kamu mengimplementasikannya.

Bagaimana cara saya untuk meyakinkan pewawancara?

“Saya adalah orang yang sangat cocok untuk posisi intern ini”. Tapi bagaimana cara membuktikannya? Dalam wawancara kamu diberi kesempatan oleh pewawancara untuk mendeskripsikan diri. Gunakan kesempatan itu dengan mempersiapkan konten tentang kelebihan kamu yang memiliki kecocokan dengan lowongan intern yang ditawarkan.

“Tapi, bagaimana jika saya belum memenuhi skill yang diperlukan dengan posisi yang ditawarkan?” Selain dengan mempelajarinya, kamu bisa menjelaskan dengan yakin skill apa saja yang sudah kamu kuasai. Seperti, perusahaan membutuhkan skill negosiasi namun kamu lebih berpengalaman dalam menjadi MC di acara. Nah, jelaskan saja skill apa yang kamu dapatkan saat menjadi MC yang bisa kamu gunakan dalam negosiasi, misalnya komunikasi.

Bagaimana agar saya terlihat expert walau belum berpengalaman?

Pengalaman didapat seiring dengan berjalannya waktu dan adanya kesempatan. Jika kamu merasa belum memiliki pengalaman yang cukup didunia professional, kamu dapat menceritakan pengalaman ketika kamu mendapatkan tantangan dan keluar dari zona nyamanmu.

Dengan ini, lamaranmu pasti akan dilirik oleh perusahaan dan kamu akan dengan mudah memilih tempat kamu bekerja sebagai intern nantinya. Karena tempat kamu bekerja sebagai intern merupakan salah satu faktor agar setelah lulus nanti jamy mendapatkan pekerjaan yang sangat baik. Selain itu, dari internship kamu dapat mengembangkan skills yang berguna bagi kariermu.


Sumber : Glints.id

SHARE : LINE

comments
no comment

LAINNYA